Memulai Usaha Part 1

Pada dasarnya setiap orang diciptakan berbeda-beda. Begitu pula dengan pilihan karir masing-masing. Terkadang keinginan untuk menjadi seorang entrepreneur sangat tinggi, namun kita seringkali bingung harus menjalankan usaha itu dan harus dimulai dari mana terlebih dahulu.  Bagi entrepreneur, memulai usaha adalah awal dari karir mereka. Mereka melihat ada kesempatan dan dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk dijadikan lahan bisnis. Namun terkadang kesempatan itu tidak benar-benar dimanfaatkan secara optimal atau mengalami kegagalan. Hasilnya banyak entrepreneur yang bangkrut akibat kehabisan modal. Maka dari itu diperlukan analisis akurat tentang usaha yang akan dimulai dan juga keberanian serta ketabahan.
Ada beberapa tips dalam memilih usaha yang tepat:
1.    Mengikuti Kemampuan Diri dan Ikuti Keinginan Sendiri.
Usaha yang akan dipilih harusnya sesuai dengan bidang apa yang dikuasai. Jangan membuat usaha yang  tidak anda mengerti. Ini akan membuat usaha anda tidak membuahkan hasil yang maksimal karena ketidaktahuana anda tentang bidang yang sedang anda jalani.

2.    Memperhitungkan Persaingan
Adanya saingan merupakan tantangan tersendiri bagi pengusaha. Bukan hanya di bidang yang sama, juga di bidang tidak berhubugan sama sekali pun menadi saingan bagi pihak pengusaha. Jika kita tidak memperhitungkan persaingan dan tidak jelas mengetahui kondisi dalam perusahaan sendiri, bagaimana mungkin kita bisa bersaing di pasaran. Bisa saja kita berada di atas awan, tetapi bisa juga kita tidak mendapat hasil apa-apa. Untuk itulah dibuthkan upaya mengenali dan menggidentifikasi persaingan dalam pasar.

3.    Mengatur Waktu
Kemampuan kita dalam mengatur waktu sangat dibuthkan di dunia bisnis. Jika anda pekerja keras dan belum memiliki keluarga (istri ataupun anak) maka kemungkinan besar anda akan memiliki hampir seluruh waktu anda untuk bekerja. Namun bagaimana jika anda sudah memiliki keluarga ata pun memiliki keterbatasan waktu dalam bekerja? Pemilihan usaha menjadi salah satu hal yang penting yang harus dipertimbangkan. Jika anda memilih usaha, berarti  anda berkomitmen dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha anda. Maka dari itu pengaturan waktu sangatlah penting disini.

4.    Penyesuaian Kepribadian
Apabila anda orangyang tidak suka keramaian atau lebih senang bekerja sendiri maka pilihlah pekerjaan yang memungkinkan anda bekerja di dalam rumah tetapi jika anda orang yang menyenangi berkomunikasi dengan orang maka tentu saja anda akan memilih pekerjaan yang langsung berinteraksi dengan banyak orang.[1]


[1]Penuntun Dasar Kewirausahaan. Hatta Rajasa. Hal 15

0 komentar:

Posting Komentar