ESACAPALA Part 1

Mungkin aneh atau sedikit asing dengan nama tersebut. Esacapala adalah nama ekstrakulikuler pecinta alam yang ada di sekolah waktu saya duduk di bangku SMA. Esacapala biasa disebut Escap biar lebih gampang diingat. Escap jadi salah satu bagian perjalanan hidup saya dan ga akan mungkin bisa dilupakan begitu saja. Escap jadi awal dimulainya perjalanan karir memanjat saya.
Mau tau ceritanya? stay tune ya :D

Berawal dari sebuah nazar yang saya utarakan ketika ingin mengikuti ujian masuk sekolah. Mau tau ga nazarnya apa? hehe nazarnya adalah jika saya lulus ujian masuk sekolah ini saya akan mengikuti ekstrakulikuler ini. Dan alhamdulillah sih hasil testnya "LULUS", bisa dibayangkan betapa bahagianya bisa masuk sekolah favorit yang ada di Kabupaten Bekasi. Sebenarnya sih ga cuma itu aja alasan saya mengikuti ekskul ini, tapi menurut saya ekskul ini sangat menarik apalagi ketika saya melihat wall climbing yang berdiri kokoh di sebelah kanan lapangan sekolah.

Penasaran dan sepertinya ekskul yang menantang, lagi pula saya belum pernah mengiuti ekskul pecinta alam sebelumnya.Pada saat MOS ada demo ekskul dan saya memberanikan diri untuk mencoba ekskul yang bisa dibilang extrim ini. Saya mencoba memanjat wall climbing dan ternyata saya bisa memanjat sampai TOP (baca: tempat paling tinggi di wall climbing). Dan akhirnya saya masuk ekskul tersebut. Saat sesi perkenalan anggota baru yang biasa di panggil CAANG Rimba 9 (baca : calon anggota angkatan ke 9), asing, malu, seneng, campur aduk pokoknya.

Syarat untuk masuk ke Escap itu simple ga neko-neko, yaitu "KUAT DAN TABAH DICENGIN", sangat berbeda dengan ekskul-ekskul lain yang ada di sekolah. Oh iya, biasanya ekskul itu sapaan untuk seniornya adalah "kakak" tapi di Escap tuh beda sapaan untuk seniornya, yaitu "Abang dan Teteh".  Disitu saya dapet teman-teman baru, yang kocak-kocak dan ga jaim dan bener-bener apa
adanya mereka.
Nb : Kalo ga kuat dicengin dan gampang marah sih mending ga usah masuk Escap, nanti malah yang ada di jauhin atau ngebatin hahaha :D

Oh iya Esacapala berdiri pada tanggal 23 Oktober 2000. Dideklarasikan di puncak gunung Gede. Pendirinya adalah Hamdi Fahrizal (Bezo). Awalnya bernama Sakapala lalu berubah menjadi Skapala, terakhir baru menjadi Esacapala. Esa: Satu, Ca: Cikarang, Pa: Pecinta, dan La: Alam. Yang berarti pecinta alam SMAN 1 Cikarang. Pada bulan September 2001 Esacapala secara resmi berdiri dibawah naungan OSIS SMAN 1 Cikarang Utara.
 
Ada 4 divisi dalam ESACAPALA. (Mountainnering, Rock climbing, Photograph, ORAD/ORAT). Dan saya sangat tertarik pada divisi Rock Climbing, nah latihan manjat biasa dilakukn setiap hari selasa, kamis, dan sabtu. Walaupun latihan dilakukan seminggu tiga kali, tapi hampir setiap hari saya dan teman-teman menyempatkan waktu untuk kumpul di secretariat/secret saat waktu istirahat ataupun disaat pulang sekolah hanya sekedar untuk ngobrol, makan atau bermain bersama mereka. Keabraban diantara kami terbangung sbegitu cepat, hanya hitungan hari kami bisa sangat akrab. Beberapa bulan kemudian barulah kami mengikuti pelantikan anggota baru, kami mengenalnya dengan sebutan ORMED (Orientasi Medan).

Perasaan takut akan acara ORMED pun sering muncul dan sering kami perbincangkan, karena menurut kabar yang beredar, ORMED adalah salah satu acara yang sangat menegangkan di Escap, kemudian ada juga acara Escap yang tidak kalah menegangkannya, yaitu LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban). LPJ biasanya dilaksanakan pada akhir periode masa jabatan, biasanya setiap anggota yang memiliki jabatan dalam Escap harus mempertanggung jawabkan program kerja yang di buat dalam jangka waktu satu tahun.

Kembali ke ORMED, nah sebelum ORMED kami dikasih materi DIKLAT (Didikan Kilat) tentang sejarah Escap, Mountenering, Rock Climbing, Survival, dan masih banyak lagi materi yang kami dapat selama mengikuti DIKLAT tersebut. Kami mengikuti DIKLAT kurang lebih selama satu bulan. Banyak dari kami yang keluar dari Escap karena merasa bosan dengan DIKLAT, tapi saya bertahan, karena menurut saya materi yang diberikan oleh senior sangat bermanfaat. Hari demi hari kami lalui bersama sampai saatnya mendekati hari H, dan pembagian kelompok serta perlengkapan apa saja yang harus dibawa pada saat ORMED sudah mulai diberikan kepada kami. Tak lupa kami diberikan list lagu wajib dan lagu sunah untuk dihafalkan pada saat ORMED.

Sebenernya masih ada lagi nih cerita saya di Escap, tunggu cerita selanjutnya ya :D

4 komentar:

Unknown mengatakan...

esacapala sepertinya memang dideklarasikan pada tanggal tsb...sory dah lupa juga...secara resmi esacapala berdiri pada waktu esacapala diakui dan terdaftar sebagai kegiatan eskul di bawah osis sman 1 cikarang...sory angkatan pendiri ada 3 orang yang gw inget...hamdi fachrizal (bezo), yanwar (uchox) ma nanda (kucing)...tu yang gw inget...koreksi klo salah...salam

irmala shitta mengatakan...

oh gitu ya bang, soalnya yang di kasih tau dri diklat tuh cuma begitu bang hehe makasih bang udah di kasih tau :)

megha rosalia mengatakan...

yoi teh betul tuh

Fadli Maulana mengatakan...

Keren ceritanya, salam dari PA Sman 3 bogor( SALAM RISGABO )

Posting Komentar