Saham Energi Tingkatkan Bursa di New York


VIVAnews - Saham sektor energi menguat pada transaksi Rabu, 27 Juni 2012 di bursa saham New York, atau Kamis dini hari WIB. Sejumlah data ekonomi yang membaik dari perkiraan semula, telah membantu mengangkat saham-saham di sektor energi itu.

Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 93,32 poin atau 0,74 persen ke level 12.627,99. Sementara itu, indeks Standard&Poor 500 menguat 11,89 poin atau 0,90 persen menjadi 1.331,88. Indeks komposit Nasdaq juga terangkat 21,26 poin atau 0,74 persen ke posisi 2,875.32.
"Pasar memiliki kecenderungan untuk bangkit dan cukup banyak investor berada pada situasi saat ini," kata Doug Foreman, Direktur Ekuitas Kayne Anderson Rudnick Investment Manajemen, di Los Angeles, California.
Meski demikian, pasar masih dibayangi kekhawatiran atas keberhasilan pertemuan puncak Uni Eropa. Pelaku pasar menduga KTT Uni Eropa tidak akan menghasilkan kemajuan nyata dalam meringankan beban krisis utang.

Saham-saham sektor energi menunjukkan penguatan signifikan di antara kelompok saham yang tergabung dalam indeks S&P 500. Indeks saham sektor ini naik 1,9 persen setelah harga minyak naik ke level US$80,21 per barel.
Saham Cabot Oil & Gas Corp (COG) melonjak 9 persen menjadi US$41,24 dan merupakan penguatan terbesar saham pada indeks S&P 500.

Kekhawatiran krisis Eropa sempat memicu aksi jual cukup besar di pasar saham akhir-akhir ini. Namun, kini tekanan jual sedikit mereda dan investor mulai mengakumulasi saham secara terbatas.

Sentimen positif di pasar tertolong oleh data penjualan barang tahan lama di AS selama Mei yang membaik.

Sementara itu, data lain menunjukkan, kontrak pembelian rumah melonjak ke level tertinggi dalam tujuh bulan. Indeks sektor perumahan, PHLX, naik 3 persen, atau mendekati penguatan 26 persen sejak awal tahun.

Saham Lennar Corp (LEN) naik 4,8 persen menjadi US$28,70, setelah melaporkan kenaikan permintaan baru untuk lima kuartal berturut-turut.


0 komentar:

Posting Komentar