Gangguan Pencernaan Bisa Diatasi dengan Antibiotik

Jakarta, Jika Anda menderita gangguan pencernaan, selain mengatasinya dengan mengambil obat maag, Anda juga dapat mengambil antibiotik. Tujuannya untuk membasmi bakteri di perut agar pencernaan lancar kembali.

Gangguan pencernaan merupakan keluhan umum yang dialami oleh kebanyakan orang yang ditandai oleh mulas di perut. Tetapi tidak jelas apa yang menjadi penyebab utama gangguan pencernaan tersebut.

Gangguan pencernaan sebenarnya dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup seperti diet makanan sehat, olahraga dan manajemen stres. Tetapi jika hal tersebut tidak dapat membantu, para peneliti di Brasil menyarankan untuk menggunakan kombinasi antara obat mulas dan antibiotik.

Idenya adalah dengan membasmi bakteri Helicobacter pylori di perut untuk membantu menenangkan gangguan perut. Para peneliti melakukan penelitian terhadap 404 orang yang memiliki masalah gangguan pencernaan.

Sebagian pasien diminta mengambil kombinasi antara antibiotik omeprazol dan obat mulas, sedangkan sebagian yang lain hanya mengambil obat mulas saja.

Satu tahun kemudian, 49 persen dari pasien yang memakai antibiotik mengatakan gejala gangguan pencernaannya menurun hingga setengahnya, lebih banyak dibandingkan dengan 37 persen pasien yang hanya menggunakan obat mulas saja.

"Hal ini berarti pasien harus minum antibiotik ketika pencernaannya terganggu agar kondisinya cepat membaik," kata Dr. Luiz Edmundo Mazzoleni, peneliti dari Hospital de Clinicas de Porto Alegre di Brasil yang diterbitakan dalam jurnal Archives of Internal Medicine seperti dilansir dari foxnews, Jumat (29/6/2012).

Seperti obat maag, antibiotik juga memiliki efek samping seperti diare dan juga dapat membuat bakteri yang berkembang di perut menjadi resisten. Tetapi penggunaannya cukup membantu meringankan rasa mulas akibat gangguan pencernaan.

 By: Linda Mayasari - detik health
Sumber : http://health.detik.com/read/2012/06/29/173002/1954280/763/gangguan-pencernaan-bisa-diatasi-dengan-antibiotik

0 komentar:

Posting Komentar