Liburan Tapi Sepi

Sekarang udah masuk musim liburan nih, pasti udah punya list buat liburan dong ya. Setiap liburan pasti tempat hiburan yang menawarkan wahana-wahana menarik dibajiri oleh pengunjung, malah terkadang jadi membuat kita malas untuk mengunjungi tempat tersebut karena alasan keamanan dan kemacetan menuju tempat wisata tersebut.
Jika ingin menikmati liburan dan terhindar dari keramaian untuk sekedar melepas penat. Wisata ke Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan, di sini ada beberapa pulau yang sepi bahkan ada yang tidak berpenghuni, dan jika kita berada di sana, serasa pulau milik sendiri lho...
Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT sebelah utara Jakarta. Secara administratif kawasan TNKpS berada dalam wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, tepatnya di tiga kelurahan yaitu Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Secara geografis Taman Nasional ini terletak pada 5°24’ - 5°45’ LS, 106°25’ - 106°40’ BT' dan mencakup luas 107.489 ha (SK Menteri Kehutanan Nomor 6310/Kpts-II/2002), yang terdiri dari wilayah perairan laut seluas 107.489.ha (22,65% dari luas perairan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu) dan 2 pulau (Pulau Penjaliran Barat dan Pulau Penjaliran Timur) seluas 39,50 ha. Dengan demikian, pulau-pulau lain (wilayah daratan) yang berjumlah 108 sesungguhnya tidak termasuk dalam kawasan TNKpS Pulau Seribu.
Berikut ini adalah pulau-pulau yang sepi, yang cocok untuk liburan :
1.    Pulau Semak Daun


Pulau Semak Daun adalah tempat favorit traveler yang ingin berkemah di Kepulauan Seribu. Airnya biru jernih, selaras dengan hamparan pasir putih. 

Pulau tak berpenghuni ini lebih dikenal di telinga dengan sebutan pulau Smack Down. Jika Anda mengunjungi dan ingin menginap di pulau ini, cobalah sensasi tidur beratapkan langit luas. Jangan lupa membawa perbekalan mentah seperti cumi dan ikan untuk dibakar dan disantap ketika malam hari.

Pemandangan bawah laut di Pulau Semak Daun dipenuhi dengan soft coral yang bergelayutan kesana kemari oleh arus air. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat clown fish saat snorkling. 

2. Pulau Sepa
Salah satu pantai dengan pasir terbaik di Kepulauan Seribu ada di Pulau Sepa. Ditambah lagi tepi pantainya belum tertutup oleh bebatuan.

Anda dapat berjalan kaki memutari Pantai Sepa memang tidak terlalu luas. Bagi pasangan yang mengunjungi Pulau Sepa, berjalan keliling serasa pulau pribadi di kala senja tentu sangat menarik dan romantis.

Dengan keindahan pasir putih, serta nuansa tropis yang alami, berkunjung ke Pulau sepa tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Selain alam tropisnya, keindahan bahari dasar laut juga menjadi kenikmatan utama saat Anda berkunjung ke sini.

Seperti di pulau lainnya, kegiatan diving dan snorkeling menjadi hal yang harus Anda lakukan untuk menikmati naturalnya alam bawah laut Pulau Sepa. Selain ikan hias dan terumbu karang berwarnai-warni, air yang tenang akan membuat Anda nyaman saat melakukan kegiatan diving dan snorkeling. 

Bagi yang gemar memancing, Anda juga bisa menyalurkan hobi. Namun Anda dilarang untuk berlebihan dalam berburu ikan demi kelestarian alam bawah laut Pulau Sepa.

3. Pulau Air

Di Pulau Air, Anda dapat bersnorkling ria di perairan yang tenang karena diapit 2 pulau yang sama. Pulau air ini milik seorang pengusaha kaya di Jakarta. Namun Anda dapat mengunjungi sisi yang dibuka untuk umum. 

Di antara pulau lainnya, Pulau Air jauh lebih terpelihara dan dilengkapi infrastruktur yang baik. Bangunan-bangunan permanen sudah dibangun di pulau ini.

Jika Anda senang melakukan aktivitas snorkling dan diving, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena berada di sekitar pulau pribadi, alam bawah laut di perairan ini masih terawat.

4. Pulau Karang Congkak

Pulau Karang Congkak juga merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun, pulau ini sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat melakukan berbagai kegiatan oleh wisatawan.

Pulau yang asri dan laut yang biru akan sangat memanjakan mata Anda. Karena tidak tersedia listrik di pulau ini, maka kegiatan berkemah di pulau akan membuat malam Anda menjadi meriah.

Di siang hari, Anda dapat bebas bermain dengan pasir putih, berenang atau snorkling di laut jernih yang dihuni bermacam habitat laut. Ada ikan hias, terumbu karang berwarna – warni di sini. Bagi pecinta diving di kepulauan seribu, Pulau Karang congkak ini adalah surga bagi Anda.

Selain berenang, Anda juga bisa menguji hobi dan keahlian memancing di sini. Banyak jenis ikan laut yang ada di bawah laut Pulau Karang Congkak. Atau kalau tidak mau repot, beli saja ikan kerapu dan berbagai jenis kerang dari Pulau Pramuka, lantas siap untuk dibakar dan disantap di Pulau Karang Congkak.

5. Pulau Kotok

Pulau Kotok merupakan contoh pulau dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni. Sehingga pulau ini menjadi tujuan utama para penyelam.

Pulau yang dapat ditempuh dengan waktu 90 menit dari Pelabuhan Marina ini merupakan tempat konservasi Elang Bondol yang menjadi maskot DKI Jakarta.

Yang unik, di sini Anda bisa menginap di cottage rumah pohon. Cottage tersebut berada di atas pohon besar. Dari cottage, Anda dapat melihat hamparan laut yang begitu luas, serasa memiliki laut dan pulau pribadi, bukan?

Untuk menjaga keasrian dan kelestarian alam bawah laut, di Pulau Kotok tidak terdapat fasilitas olah raga air seperti jetski, banana boat, dan bermain kano. Di sana hanya ada penyewaan alat snorkeling dan diving, serta penyewaan kapal untuk diving.

·         Fetry Wuryasti - detikTravel
·         Kamis, 16/05/2013 18:35 WIB

http://travel.detik.com/read/2013/05/16/183545/2248154/1383/5-pulau-sepi-serasa-milik-pribadi-di-kepulauan-seribu

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Kepulauan_Seribu

0 komentar:

Posting Komentar