Stasiun Kereta Part 2

4. Stasiun Gubeng, Surabaya
     
Voting untuk stasiun ini sebesar 7,3%. Stasiun Surabaya Gubeng terletak di Gubeng, Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Surabaya dan Jawa Timur. Stasiun ini merupakan tempat keberangkatan utama dari Kota Surabaya yang melalui jalur selatan.

Sedangkan kereta yang melewati jalur utara, seperti kereta jurusan Jakarta via Semarang, diberangkatkan dari Stasiun Pasar Turi. Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur utama. Meski ada bangunan baru, namun bangunan lamanya masih seperti Surabaya tempoe doeloe

Traveler menyukai stasiun ini karena lokasinya yang dekat dengan museum kapal selam, serta ada band pengamen yang biasa menyanyikan lagu-lagu nostalgia. Sehingga traveler bisa duduk nyaman menunggu kereta sembari mendengarkan lagu nostalgia.

5. Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta
   
Traveler yang memilih stasiun ini sebanyak 5,3%. Stasiun Lempuyangan terletak di Kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta. Berbeda dengan Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan melayani pemberhentian semua kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta.

Selain melayani penumpang kereta api ekonomi jarak jauh, Stasiun Lempuyangan juga melayani penumpang Kereta Api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan-Palur. Traveler menyukai stasiun ini karena banyaknya angkringan menjajakan makanan khas di depan stasiun.

6. Stasiun Tawang, Semarang

Stasiun Semarang Tawang hanya melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Sebanyak 5,3% traveler memilih stasiun ini menjadi favorit.

Stasiun Semarang Tawang mempunyai keunikan, yaitu ketika musim kemarau stasiun ini memiliki ketinggian 2 m, namun musim hujan stasiun ini ketinggian nya turun hingga 0 m setara dengan permukaan laut. Hal ini karena stasiun ini sering terkena Air Rob saat musim hujan tiba.

Keunikan lain yang hanya ada di stasiun ini adalah lagu Gambang Semarang-nya. Tiap kali ada kereta yg datang, bel lagu ini akan diputar, dimainkan dengan piano.

7. Stasiun Solo Jebres, Surakarta


Stasiun Solo Jebres Stasiun Solo Jebres terletak di daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta. Stasiun Solo Jebres ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah kota Solo karena memiliki nilai arsitektural, sejarah dan budaya yang menggambarkan masa pembangunannya. 4% traveler memilih stasiun ini sebagai favorit.

Traveler menyukai stasiun ini karena suasanya di sekitar stasiun. Banyak angkringan di samping stasiun dengan penjual makanan yang tidak mematok mahal harga makanan.

Nah, selain 7 besar stasiun favorit pilihan traveler di atas, masih ada banyak stasiun lain yang dipilih mereka. Tapi, jumlahnya tidak besar.




 Fetry Wuryasti - detikTravel
Kamis, 30/05/2013 17:27 WIB

0 komentar:

Posting Komentar