Membangun Karakter Entrepreneur

Membangun Karakter Entrepreneur
Menjadi seorang pengusaha tentu bukan perkara mudah. Dibutuhkan kerja keras, tekad, dan juga karakter yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Berikut beberapa karakter yang wajib dimiliki pelaku usaha agar bisnis yang dijalankannya berhasil dan meraih puncak kesuksesan.
1.    Percaya Diri
Percaya diri adalah modal pertama yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Biasanya percaya diri timbul karena kita yakin dapat melakukan suatu hal dengan baik. Hal ini didukung dengan pengalaman, potensi actual, prestasi, serta harapan yang realistis. Kelebihan yang kita miliki juga membantu proses pencapaian tujuan kita. Dengan memanfaatkan setiap kelebihan yang kita miliki, otonatis menggali setiap potensi yang ada dan juga memanfaatkan setiap kesempatan. Berhentilah jadi orang yang minder dan cepat menyerah karena hal ini yang dapat memacu kurangnya percaya diri.

2.    Tanggung Jawab
Dalam setiap langkah yang akan dibuat atau diambil tentu kita harus memikirkan tanggung jawab apa saja yang harus kita tanggung. Bahkab dalam merencanakan sesuatunya pun butuh pertanggungjawaban. Orang yang bertanggung jawab apabila menghadapi suatu masalah pun cenderung tidak pantang menyerah dan tidak menyalahkan keadaan, justru akan memberikan perhatian dan tidak cepat dalam menyelesaikan maslah. Seperti sebuah kutian, “Sering adanya kekuatan yang besar, akan ada tanggung jawab yang besar juga.”

3.    Mampu Berkomunikasi
Komunikasi merupakan tindakan penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Terlebih lagi untuk seorang wirausaha, kemampuan komunikasi menjadil kelebihan untuk mencapai kesuksesannya.

4.    Berjiwa Pemimpin
Karakter pemimpin wajib dimiliki seorang pengusaha untuk mengatur atau mengarahkan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tanpa kepemimpinan yang jelas, suatu tujuan yang baik pun akan mengalami kesulitan dalam pencapaiannya karena tidak ada pengaturann dalam prosesnya atau pemantauan.

5.    Berani Mengambil Risiko
Bagi seorang pengusaha peluang sekecil apapun akan tetap dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bahkan dalam setiap masalah, selalu melihat celah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Naluri inilah yang mendorong para pelaku usaha unutk berani mengambil setiap risiko untuk mendapatkana keuntungan yang lebih besar.

6.    Optimis
Berjiwa optimis dan berkeyakinan akan mendapat yang baik, berarti memandang segala sesuatunya dengan pandangan positif. Membiarkkan diri larut dalam kesedihan atau memikirkan msaalah sama dengan memberikan peluang kebahagiaan atau kemajuan hilang.



[1] Penuntun Dasar Kewirausahaan. Hatta Rajasa. Hal 8-9

0 komentar:

Posting Komentar